Rabu, 09 Agustus 2023

Beda Baja dan Stainless Steel

Beda Baja dan Stainless Steel


https://s.lazada.co.id/s.Okq0A?cc

Perbedaan baja dan stainless steel juga cukup signikan pada cara pembuatannya. Anti karat pada stainless steel dilalui dengan dua tahap yaitu dengan sistem Electric Arc Furnace dan disempurnakan dengan alat Argon Oxygen Decarbuzier untuk menghilangkan zat pengotor di dalam stainless steel.


Sedangkan proses pembuatan baja cukup panjang karena menggunakan tiga proses antara lain Open Hearth Furnace, Basic Oxygen Furnace, dan terakhir Electric Arc Furnace. 


Fungsi ketiga proses itu adalah untuk menghilankan unsur non logam yang tidak diinginkan di dalam perpaduan pada baja serta menghilangkan sifat getas atau kerusakan mendadak pada baja.


Baja merupakan logam paduan antara besi dan karbon dengan kandungan karbon tidak lebih dari 2%. Sedangkan paduan yang lebih lengkap biasanya mengandung unsur: Karbon (C), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Silikon (Si), Nikel (Ni), dan Besi (Fe). Logam baja mempunyai kekuatan melebihi besi. Patahan logamnya berwarna mengkilap seperti gumpalan gula. 




https://s.lazada.co.id/s.OkqR1?cc

Stainless steel memiliki konduktivitas termal yang lebih rendah dibandingkan dengan baja. Baja karbon kaku dan kuat. Mereka banyak digunakan pada motor dan peralatan listrik karena sifat magnetiknya dan pengelasan dapat dilakukan dengan mudah pada baja karbon dibandingkan dengan baja tahan karat. 


Baja tahan karat digunakan dalam peralatan makan dan rap jam tangan. Berat: Baja ringan beratnya kurang dari baja tahan karat. Karena sifat pengerasan, baja tahan karat lebih berat dan memiliki hunian lebih rendah karena sulit ditangani dalam proses manufaktur. Baja ringan umumnya digunakan dan harganya lebih murah dibandingkan dengan baja tahan karat.


Pada dasarnya baja ringan ditujukan sebagai pengganti kayu dalam kegiatan yang melibatkan penggunaanya. Salah satu yang terbesar dan utama adalah pemanfaatannya dalam bangunan. 


Meskipun terlihat sederhana, tapi baja ringan adalah jenis produk baja yang paling banyak diproduksi di dunia. Jumlahnya sekitar 80% dari keseluruhan total produksi. Menggunakan baja ringan adalah pilihan paling optimal untuk rumah. 


Harganya yang lebih murah, kuat, dan juga baja ringan telah diberikan lapisan yang mampu membuatnya tahan karat. Mulai dari kebutuhan substansial seperti atap, kerangka, lantai, Plafon dan lain sebagainya, hingga kebutuhan pelengkap seperti Kanopi, gazebo, pagar, serta aksesoris bisa menggunakan baja ringan.

___

Cat :


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar