Kamis, 10 Agustus 2023

Seputar Perbengkelan dan Bengkel Las

 Seputar Perbengkelan dan Bengkel Las

Bekerja di Bengkel Las


*Pemahaman Awal


Bengkel atau lokakarya adalah sebuah bangunan yang menyediakan ruang dan peralatan untuk melakukan konstruksi atau manufaktur, dan/atau memperbaiki benda.


 Sedangkan perbengkelan adalah pengetahuan dan keterampilan tentang peralatan dan metode untuk membuat, membentuk, mengubah bentuk, merakit, ataupun memperbaiki suatu benda menjadi bentuk yang baru atau kondisi yang lebih baik secara manfaat maupun estetika.

 

 Perbengkelan merupakan sebuah ilmu yang telah berkembang bahkan sebelum Revolusi Industri karena bengkel merupakan satu-satunya tempat untuk membuat alat hingga berkembangnya industri manufaktur besar dengan mesin uapnya.


Sedangkan istilah bengkel dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia erat kaitannya dengan jasa perbaikan kendaraan bermotor.


*Bengkel Las



Bengkel las adalah suatu usaha yang menyediakan jasa pengelasan berbagai jenis logam. Sedangkan pengertian pengelasan adalah suatu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinyu. Pengelasan juga biasa disebut dengan welding.


Menurut Deutch Industrie Normen (DIN), las didefinisikan sebagai ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair.


Keterampilan sangatlah dibutuhkan bagi para pekerja bengkel las agar menghasilkan karya-karya yang bagus dan rapi. Pengelasan juga harus didampingi oleh ahlinya, karena kita tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Dibutuhkan seorang quality control untuk melakukan inspeksi pada pengelasan, agar dapat memastikan bahwa logam yang telah di las benar-benar kokoh dan kuat.

___

Cat :



PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar